Roundtable Sustainable Palm Oil (RSPO)

RSPO adalah standar yang dibentuk oleh multi pihak yang berkepentingan, diantaranya pekebun, prosesor dan pedagang, manufaktur, pengecer, bank, investor, LSM lingkungan dan LSM sosial.

RSPO diterapkan pada seluruh jalur pasok produk kelapa sawit.  Standar RSPO pertama kali ditetapkan oleh pada tahun 2007 dan telah direvisi pada tahun 2015.  Penerapan standar ini dimaksudkan untuk mengelola perkebunan dan industri kelapa sawit yang berkelanjutan dengan prinsip menguntungkan secara ekonomi, lingkungan dan  sosial.  Standar RSPO terdiri dari 8 (delapan) prinsip, yaitu:

1.     Transparansi

2.     Pemenuhan Peraturan

3.     Ekonomi Berkelanjutan

4.     Penerapan Praktek Terbaik

5.     Tanggung Jawab Lingkungan

6.     Tanggung Jawab Sosial

7.     Tanggung Jawab Penanaman Baru

8.     Perbaikan Bekelanjutan Baru

PT. Agro Teenera Prima telah berpengalaman sebagai lembaga konsultan RSPO. Kami telah berpengalaman mendampingi perusahaan (korporasi), petani plasma dan petani swadaya.  Tenaga-tenaga kami adalah tenaga yang memiliki pengetahuan dan pengalaman mendampingi klien untuk memenuhi kesesuaian prinsip, kriteria dan indikator di perkebunan dan pabrik kelapa sawit.

PT. Agro teenera Prima dapat mendampingi perusahaan, petani plasma dan petani swadaya dalam menerapkan RSPO berdasarkan Interpretasi Nasional Indonesia, Sertifikasi Kelompok Tani, Sistem Sertifikasi Rantai Pasok.