ISO 22001

ISO 22000 : 2009 adalah suatu standar internasional yang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001) dan beberapa penyesuaian yang dapat diterapkan, dengan menggabungkan elemen utama ISO 9001 dan HACCP untuk pengembangan, penerapan, dan peningkatan Sistem Manajemen Keamanan Pangan (SMKP) secara berkesinambungan.

Sistem Manajemen Keamanan Pangan bekerja secara efektif melalui pendekatan sistematis untuk mengidentifikasi bahaya pangan masih dalam kendali, analisa risiko, pengendalian bahaya pangan, pengendalian sistem manajemen dan pengendalian terhadap persyaratan teknis, sehingga makanan yang dihasilkan aman serta layak dikonsumsi. ISO  22000 : 2009 dapat diterapkan di berbagai    organisasi  yang  berhubungan  secara langsung maupun tidak langsung dengan rantai makanan.

Keuntungan Menerapkan ISO 22000 : 2009

1.     Membangun kepercayaan para pemangku kepentingan terhadap keamanan produk

2.     Mengindentifikasi, mengatur, dan mengatasi risiko keamanan pangan

3.     Menghilangkan dan mengurangi terjadinya penarikan produk (product recall) dan proses hukum (pengadilan).

4.     Melindungi brand produk dan perusahaan.

5.     Persyaratan kepatuhan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

6.     Pengendalian atau pengurangan bahaya pangan.

7.     Mengurangi biaya operasional melalui peningkatan berkelanjutan.

8.     Efisiensi dengan mengintegrasikan program-program Pre Requisite Program (PRP) Operational PreRequisite  Program  (OPRP),  prinsip-prinsip  HACCP  dan  dapat  diselaraskan dengan standar ISO 9001.

9.     Mendapat akses yang lebih mudah dalam pasar global.

 

ISO 22000 : 2009 telah dirancang untuk penerapannya di berbagai organisasi tanpa memandang besaran, sektor, dan lokasi geografis. Dapat diterapkan untuk seluruh rantai pasokan makanan, dari mulai petani, produsen, pengolah, pengepak, hingga transportasi dan penjualan. Standar ini juga dipakai oleh pemasok produk dan jasa non-makanan seperti manufacture pembersihan dan peralatan.

PT. Agro Teenera Prima sangat memahami kebutuhan penerapan sistem manajemen keamanan pangan di seluruh rantai pasok pangan termasuk retail.  Kami juga sangat memahami standar seperti Supplier Quality Management System, Distribution Quality Management System dan Global Good Agriculture Practices. Ketiga standar di atas dapat diintegrasikan dengan Sistem Manajemen Keamanan Pangan.