ISO 14001

Tercapainya keseimbangan antara lingkungan. Sosial dan ekonomi merupakan pertimbangan utama untuk memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhannya.

Harapan sosial terhadap pembangunan berkelanjutan, transparansi dan akuntabiliti telah berkembang dengan meningkatnya keketatan hukum, berkembangannya tekanan terhadap lingkungan dari polusi, penggunaan sumber daya yang tidak efisien, pengelolaan limbah yang tidak memadai, perubahan iklim, penurunan ekosistem dan hilangnya keanekaragaman hayati. Hal tersebut menyebabkan organisasi mengadopsi pendekatan sistematis untuk manajemen lingkungan dengan menerapkan sistem manajemen lingkungan dengan tujuan memberikan kontribusi bagi pilar lingkungan keberlanjutan.

Tujuan dari standar ini adalah untuk mernberikan organisasi suatu kerangka kerja untuk melindungi lingkungan, tanggap terhadap perubahan kondisi lingkungan dan menyeimbangkan kebutuhan sosial ekonomi. Standar ini menentukan persyaratan yang memungkinkan suatu oqanisasi untuk mencapai hasil yang fltanapkan yang telah organisasi tetapkan trtfuk sistem manajemen lingkungannya.

Permintaan penerapan standar ISO 14001 : 2015 akhir-akhir ini cukup meningkat seiring meningkatnya kesadaran konsumen terhadap kelestarian lingkungan, jejak karbon pada produk dan perlindungan keanekaragaman hayati.  Perusahaan-perusahaan berbasis sumber daya alam telah banyak menerapkan standar ini, diantaranya perkebunan dan industri kelapa sawit.

PT. Agro Teenera Prima melakukan pendekatan sistematis dalam melakukan pendampingan penerapan pengelolaan lingkungan sehingga memberikan informasi kepada manajemen puncak untuk membangun kesuksesan dalam jangka panjang dan membuat pilihan untuk berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan melalui:       mitigasi potensi pengaruh merugikan dari kondisi lingkungan di organisasi;

       membantu organisasi dalam memenuhi kewajiban penaatan; – meningkatkan kinerja lingkungan;

       mengendalikan atau mempengaruhi cara produk dan jasa organisasi didesain, diproduksi, didistribusikan, dikonsumsi, dan dibuang, dengan menggunakan perspektif daur-hidup yang dapat mencegah dampak lingkungan yang tidak dinginkan berpindah ke tempat lain dalam daur hidup;

       perlindungan lingkungan dengan pencegahan atau mitigasi dampak lingkungan yang merugikan;

       memperoleh, keuntungan finansial dan operasional yang dapat dihasilkan dari pelaksanaan altematif ramah lingkungan yang memperkuat posisi pasar organisasi;

       melaksanakan komunikasi informasi lingkungan kepada pihak berkepentingan.

PT. Agro Teenera Prima telah memiliki pengalaman mengintegrasikan berbagai standar, salah satunya adalah mengintegrasikan antara standar ISPO/RSPO, ISO 14001 : 2015 dan ISO 9001 : 2015.