Hazard Analysis & Critical Control Point

HACCP adalah sebuah metode operasi terstruktur yang dikenal secara internasional yang bisa membantu organisasi dalam industri makanan dan minuman untuk mengidentifikasi risiko keamanan pangan, mencegah bahaya dalam keamanan pangan, dan menyampaikan kesesuaian hukum. HACCP adalah keharusan di beberapa negara, termasuk Amerika Setikat dan Uni Eropa. Prinsip-prinsip dan petunjuk HACCP untuk penerapannya sudah diadopsi oleh Komisi Codex Alimentarius. Sistem HACCP berbasis pada pengetahuan dan mengidentifikasi bahaya spesifik dan pengendaliannya khusus untuk menjamin keamanan pangan. 

HACCP  merupakan salah satu bentuk manajemen risiko yang dikembangkan untuk menjamin keamanan pangan dengan pendekatan pencegahan yang dapat memberikan jaminan dalam menghasilkan makanan yang aman bagi konsumen. HACCP bersifat sebagai sistem pengendalian mutu dari bahan baku sampai produk akhir dan didistribusikan. Dengan menerapkan HACCP, fungsi pengendalian keamanan pangan dapat diperbaiki,  mengubah  pendekatan  pengujian akhir yang bersifat retrospektif kepada pendekatan jaminan keamanan pangan yang bersifat pencegahan.

Penerapan HACCP akan  berjalan  baik,  bila organisasi memenuhi persyaratan  dasar industri pangan melalui penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) dan Sanitation Standard Operational Procedure (SSOP).

Apa Keuntungan menerapkan HACCP? 

  1. Memberikan jaminan keamanan pangan pada produk yang dihasilkan sebelum mencapai konsumen.
  2. Memberikan jaminan  keamanan  pangan guna memenuhi tuntunan konsumen.
  3. Memberikan jaminan kepatuhan terhadap peraturan perundangan yang berlaku.
  4. Meningkatkan kepuasan konsumen.
  5. Mengurangi kerusakan & limbah produk.
  6. Sebagai promosi perdagangan di era pasar global yang memiliki daya saing tinggi, dan stabilitas usaha makanan.
  7. Memberikan rekomendasi perbaikan sistem secara terus menerus.

PT. Agro Teenera Prima sangat familiar dengan standar HACCP termasuk Pre Requisite (seperti GMP, GAP, GHP, GRP), Personal Hygine dan Sanitasi.  Dalam menerapkan HACCP, kami memadukan pendekatan holistik di atas agar tujuan yang ingin dicapai terkait HACCP dapat terpenuhi.  HACCP dapat diterapkan baik di perusahaan besar dan UMKM.